Sabtu, 21 Juli 2012

Tips Cepat Belajar Bahasa Mandarin


1. MULAILAH DENGAN MEMPELAJARI HURUF-HURUF PIKTOGRAF/XIANGXINGZI (象形字)
Huruf mandarin itu pada awalnya berasal dari gambar. Huruf-huruf piktograf ini biasanya paling gampang diingat dan paling gampang ditulis.
Misalnya:
 (ri) = matahari. Awalnya berupa gambar bulatan besar yang menggambarkan matahari, dan titik di tengah sebagai inti matahari.
 (yue) = bulan. Awalnya berupa gambar  bulan sabit yang bertitik di tengahnya.
 (ren) = manusia. Karena manusia itu kakinya dua.
 (da) = besar. Ini seperti manusia yang sedang membentangkan dua tangannya, seolah sedang mengukur suatu benda dan ternyata benda ini besar sekali.
 (tian) = sawah. Mirip petak-petak sawah.
 (mu) = kayu. Bentuknya mirip pohon.
 (shan) = gunung. Udah mirip gunung, kan?
 (yu) = hujan. Seperti sebuah jendela yang menampakkan hujan di luar rumah.

2. HAFALKAN RADIKAL DAN ARTINYA
Namun, huruf piktograf dalam bahasa mandarin hanya mencakup 5% dari seluruh huruf mandarin. Bentar, jangan lemes dulu, hehehehehe.
Lebih dari 80% huruf mandarin merupakan idea-sound characters/xingshengzi (形声字). Biasanya huruf-huruf jenis ini memiliki 2 bagian. Satu bagian menunjukkan arti/idea dari kata tersebut, dan bagian satunya lagi menunjukkan cara baca/pelafalan/sound.
Bagian yang menunjukkan arti kata itu biasanya disebut radikal. Di bawah ini merupakan daftar radikal yang sering muncul:
氵(san dian shui), huruf-huruf yang punya radikal ini biasanya ada hubungannya dengan air, contoh: 海(laut), 河(sungai), 汗(keringat), 渴(haus)
讠(yan zi pang), berhubungan dengan bahasa dan kata-kata, contoh: 语(bahasa), 说(bicara), 读(membaca), 访(mewawancarai)
 (mu zi pang), berhubungan dengan mata, contoh: 眼(mata), 睛(mata), 瞪(melotot), 瞧(memandang)
饣 (shi zi pang), berhubungan dengan makan dan minum, contoh: 饿(lapar), 饮(minum), 饭(nasi), 饼(roti)
女 (nu zi pang), berhubungan dengan perempuan, contoh: 妈(ibu), 姐(kakak perempuan), 嫁(menikah), 妻(istri)
犭(fan quan pang), berhubungan dengan binatang, contoh: 狗(anjing), 猫(kucing), 狼(serigala), 猴(monyet)
疒 (bing zi pang), berhubungan dengan penyakit, contoh: 癌(kanker), 痒(gatal), 痛(sakit), 疯(gila)
(ti shou pang), berhubungan dengan tangan/aktivitas yang dilakukan dengan tangan, contoh: 提(jinjing), 拉(tarik), 推(dorong), 扔(lempar/buang)
心/忄(xin zi di/shu xin pang), berhubungan dengan perasaan, contoh: 恨(benci), 惨(tragis), 想(berpikir), 感(merasa/perasaan)
Penguasaan radikal akan sangat membantu dalam memahami huruf mandarin, bahkan menebak arti kata yang sebenarnya baru pertama kali kita lihat.

3. TEBAK-TEBAK
Yup, belajar huruf mandarin itu kayak main tebak-tebakan, karena seringkali arti bisa ditebak dan cara baca pun bisa ditebak! Mari kita coba sekarang!
 huruf ini dibaca qing… ingat-ingat yaaa!
 huruf ini dibaca apa ya? Dan artinya kira-kira apa? Rupanya, bacanya tetap qing, artinya berhubungan dengan air karena ada unsur 氵(san dian shui)… arti tepatnya adalah jernih
请 huruf ini ternyata juga dibaca qing, artinya berhubungan dengan bahasa/kata-kata karena ada unsur 讠(yan zi pang), arti tepatnya adalah mempersilakan
睛 huruf ini dibaca jing (beda-beda tipislah, hehehe), artinya berhubungan dengan mata karena ada unsur 目 (mu zi pang), arti tepatnya adalah mata
 huruf ini dibaca qing juga, artinya berhubungan dengan perasaan karena ada unsur 忄(shu xin pang), arti tepatnya adalah emosi/rasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar